|

Kabar Terbaru

Luruskan Kiblat Shalat

  

  Yogyakarta, 2 Agustus 2018 menjadi hari yang sangat berharga bagi siswa-siswi SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta, khususnya bagi kelas VI. Pada hari itu (Kamis) para siswa ikut menghitung dan meluruskan arah kiblat shalat di SD Muhammadiyah Demangan. Dengan dipandu dan diarahkan oleh Bapak Danang Dwi Yantoro dan Bapak Aminuddin, S.Ag, M.Si dari Seksi Penyelenggara Syariah Kantor Kementrian Agama Kota Yogyakarta, para siswa dapat mengenal tata cara menentukan arah kiblat shalat di Kota Yogyakarta. 

    Bersama Bapak Danang dan Bapak Aminuddin, para siswa diperlihatkan cara pengukuran arah kiblat yang dimulai dengan pemasangan garis bantu di Mushola hingga halaman sekolah dilanjutkan dengan penggunaan alat “Theodilite” yang dipasang di bawah sinar matahari secara langsung, kemudian penentuan titik GPS SD Muhammadiyah Demangan hingga pembuatan sample garis shaff shalat di Mushola SD Muhammadiyah Demangan. 

                             

     Menurut Bapak Aminuddin, S.Ag, M.Si kegiatan ini sangat berharga bagi siswa dikemudian hari. Meraka dapat membagikan pengalaman ini di lingkungan sekitar mereka, sehingga diharapkan semua arah kiblat masjid dan mushola di Daerah Istimewa Yogyakarta ini dapat sesuai dengan yang sebenarnya. 

     Agenda penentuan ini sebenarnya akan dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Juli 2018, namun karena cuaca saat itu tidak memungkinkan (matahari tertutup oleh awan) maka kegiatan itupun terpaksa harus ditunda. Dan Alhamdulillah penundaan kegiatan ini hanya berselang dua hari saja. Tepat pada tanggal 2 Agustus 2018 acara perhitungan kiblat shalat di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta dapat terlaksana. Dan kinipun SD Muhammadiyah Demangan telah memiliki tempat shalat yang insyaallah lurus dengan kiblat di Makkah Al-Mukarramah. 


Tidak ada komentar