|

Kabar Terbaru

Outlearning siswa Kelas I dan II di Museum Batik


                    

Out Learning atau outing Class merupakan kegiatan yang dilaksanakan  sekolah untuk menambah wawasan dan pengalaman serta membiasakan siswa belajar secara langsung mengenal tempat-tempat objek pendidikan dan objek wisata dengan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Kunjungan dan pengamatan terhadap, objek pendidikan / pengamatan, mampu  membekali  siswa untuk  mengembangkan wawasan dan ketrampilan.

Kegiatan Out Learning atau outing Class ini juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dimana siswa dapat melakukan pengamatan secara langsung  terhadap- lingkungan sekitar, mengadakan tanya jawab dengan pihak narasumber serta melatih siswa belajar langsung dari sumbernya tidak tergantung dari buku ataupun keterangan guru. Selain itu Out Learning atau outing Class juga bisa melatih kemampuan bahasa siswa dengan melakukan berbagai wawancara dengan narasumber dan masyarakat sekitar.


Outlearning dilaksanakan siswa kelas I dan II pada hari Kamis, 21 September 2023 di Museum batik Yogyakarta.

Kegiatan ke museum dilakukan anak anak dengan pendampingan petugas museum. Anak anak dikenalkan tentang sejarah batik, macam dan motif batik, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kain batik, bahkan ada sesi mereka membatik dengan canting dan malam sendiri. Di sana mereka juga dikenalkan dengan macam macam alat musik dalam seperangkat alat gamelan dan memainkannya menjadi sebuah alunan musik.

 

Tidak ada komentar