|

Kabar Terbaru

Memperingati Hari Keistimewaan DIY



        Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai keistimewaan diantara propinsi lain di Indonesia, Istimewa karena di DIY Gubernur dijabat oleh Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur oleh Raja Keraton Puro Pakualaman Sri Paduka Paku Alam X. Setiap tahun DIY memperingati Keistimewaan pada tanggal 31 Agustus. 

        SD Muhammadiyah Demangan yang berada di DIY ikut serta menyemarakkan peringatan Keistimewaan DIY dengan cara mengunjungi Keraton Puro Pakulaman yang berada di Pakulaman, kunjungan dilaksanakan pada kari Kamis tanggal 30 Agustus 2018 dan diterima oleh pegawai Keraton yang menyampaikan tentang Bangunan Keraton, yang etrdiri dari Alun-alun sewadanan, Masjid Gedhe Puro Pakualaman, di dalam keraton sendiri ada Bangsal yang dipergunakan untuk menerima tamu-tamu ketika ada acara di Keraton misalnya jumenengan, idul fitri, dll. Kami diajak berkeliling melihat bagian bangunan yang berada di dalam Keraton Pakualaman. Di dalam keraton juga ada banyak kereta yang dipergunakan untuk kegiatan tertentu Raja Keraton Pakualaman misalnya untuk acara kirab atau yang lainnya. 

        Selesai kegiatan di keraton kami mengunjungi Masjid Besar Puro Pakualaman untuk melakukan shalat dhuha, dan melanjutkan kunjungan ke museum Biologi UGM yang berada di jl sultan agung, di museum kami mendapatkan ilmu pengetahuan tentang hewan dan tumbuhan yang sudah dikeringkan. Ada banyak kerangka hewan antara lain ular sanca, gajah milik Sri Sultan Hamengku Buwono yang mati dan dahulu berada di alun-alun kidul jg dipajang. 

          Kunjungan ini bertujuan untuk pengenalan lingkungan Keraton Puro Pakualaman kepada siswa SD Muhammadiyah Demangan dan tentunya siswa mendapatkan ilmu tentang hewan di museum biologi.

Tidak ada komentar